Grand Q Hotel Gorontalo
Pilihan Terbaik Hotel di Gorontalo

KENAPA TAMU DILARANG BAWA MAKANAN BREAKFAST KE KAMAR ?

KENAPA TAMU DILARANG BAWA MAKANAN BREAKFAST KE KAMAR?

Banyak tamu yang sering sekali mengeluhkan salah satu peraturan hotel, yaitu dilarang membawa makanan dari buffet breakfast ke dalam kamar. Ada 3 alasan utama kenapa rata-rata hotel berbintang, termasuk Grand Q Hotel Gorontalo, memberlakukan peraturan ini, yaitu

  1. Standar Kebersihan & Keamanan Makanan

Berdasarkan standar kebersihan & keamanan makanan, beberapa jenis makanan hanya boleh disajikan pada suhu tertentu dan bisa berakibat fatal apabila disajikan tidak sesuai standar suhu tersebut. Oleh karena itu, hotel menggunakan penyaji makanan yang juga berfungsi sebagai penghangat atau pendingin makanan. Standar ini tujuannya sebenarnya adalah untuk menjaga kesehatan tamu sendiri lho. Jadi, jangan marah-marah lagi ya kalau petugas restaurant melarang Anda untuk membawa makanan dari buffet breakfast ke dalam kamar.

 

  1. Berlaku “All You Can Eat” bukan “All You Can Take”

Pada umumnya, fasilitas sarapan di hotel disajikan dengan system All You Can Eat (Makan Sepuasnya) yang artinya tamu dipersilahkan untuk menikmati atau memakan semua makanan yang ada di buffet breakfast. Tapi, kadangkala tamu mengartikan All You Can Eat sama artinya dengan All You Can Take. Ingat ya, tamu memang diperbolehkan menikmati semua pilihan makanan (All You Can Eat), tetapi bukan berarti tamu boleh membawa/mengambil semua makanan yang tersedia di buffet breakfast (All You Can Take).

 

  1. Breakfast berlaku hanya untuk 2 orang.

Sebelum tamu menikmati buffet breakfast di pagi hari, 1 (satu) hari sebelumnya Executive Chef sudah memperhitungkan jumlah tamu yang akan sarapan besok pagi dan akan menyesuaikan porsi makanan sesuai dengan jumlah tamu tersebut. Nah, bayangkan apabila tamu diperbolehkan membawa makanan buffet breakfast kedalam kamar sehingga pihak hotel tidak dapat mengontrol jumlah tamu yang sebenarnya ikut menikmati makanan breakfast yang telah disediakan. Tidak sedikit juga tamu nakal yang melanggar kapasitas menginap dengan mengundang rekan/temannya untuk ikut menginap dan tinggal di dalam kamar hotel (free rider) tanpa sepengetahuan pihak Front Office. Akibatnya, tamu lain yang memang berhak untuk mendapatkan fasilitas breakfast bisa kemungkinan tidak dapat meninkmati “hak-nya”, karena ingat porsi makanan yang disediakan di buffet breakfast disiapkan berdasarkan jumlah tamu yang telah membayar harga kamar Bersama dengan fasilitas breakfast. Jadi, sebenarnya aturan ini diberlakukan untuk “melindungi” hak dari tamu lain ya untuk memperoleh fasilitas breakfast yang memuaskan.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.